Kelebihan Linux dan Kekurangan

October 13, 2008 at 8:22 am | Posted in Linux | Leave a comment

LINUX

Kelebihan Linux

Sistem operasi ini adalah sistem operasi yang tahan virus. Virus-virusyang menyerang Windows tidak akan berkutik apabila terdampar di sistem Linux. Linux juga stabil, sehingga menjadi platform mayoritas bagi server internet, hingga industri perfilman Hollywood. Beberapa film seperti The Lord Of The Ring, hingga Harry Potter menggunakan bantuan Linux dalam proses produksinya. Linux juga dikembangkan bagi platform yang tidak wajar, seperti pada PlayStation 2, X-Box, iPod, dan Nintendo DS.

Linux juga multipengguna (multiuser) dan multitugas (multitasking).Anda dapat memasuki sistem dengan banyak user sekaligus dan menjalankan banyak tugas sekaligus. Linux adalah sistem operasi yang sejak lahir murni multiuser dan multitasking.

Kekurangan Linux

Beberapa kekurangan Linux yang paling dirasa adalah masih belum banyaknya game-game
besar yang bersedia dijalankan pada platform Linux. Orang-orang sepertinya juga alergi terhadap sistem operasi ini karena masih berpikir Linux adalah sistem operasi yang sulit, tidak mempunyai
tampilan grafis, dan tidak gaul. Belum lagi, beberapa hardware yang sepertinya sulit untuk menyediakan driver untuk Linux. Tentunya, ini menjadi tugas berat bagi para pengembang kernel Linux, agar sistem operasi ini dapat berjalan dengan fleksibel (seperti yang telah terjadi sekarang ini).

Inilah sistem operasi yang telah mengikrarkan dirinya sebagai milik semua orang. Dan akan menjadi sistem operasi utama untuk contoh materi-materi dalam buku ini. Dirilis di bawah bendera GPL, Linux melesat sebagai sistem operasi dengan varian mencapai lebih dari seratus jenis.

Linux sendiri mulanya sebuah kernel yang ditulis oleh Linus Torvalds, dirilis tahun 1991. Dan terus berkembang hingga kini. Banyak yang menganggap bahwa Linux adalah sistem operasi yang sulit
untuk digunakan. Hanya cocok bagi para programer dan profesional komputer.

Itu mungkin adalah gambaran Linux sepuluh atau belasan tahun lalu.Banyak distribusi Linux (sering disebut distro) bagi pengguna biasa yang telah beredar. Dan anggapan bahwa Linux adalah sistem operasi tanpa grafis tidaklah benar. Bahkan, Linux memiliki banyak tampilan, mulai dari yang paling primitif (tanpa taskbar maupun panel, hanya desktop), hingga penuh ornamen.

Linux memiliki banyak varian. Varian utamanya adalah Red Hat, Debian,dan Slackware. Varian-varian ini telah melahirkan banyak turunan,hingga cucu dan cicit.Linux mendukung banyak sistem berkas partisi. Antaranya adalah sistem berkas milik Windows. Tetapi, sistem berkas milik Linux sendiri antaranya Ext2, Ext3, dan Swap. Linux mewarisi tingkat keamanan UNIX. Setiap pengguna memiliki akun sendiri. Pengguna biasa tidak diperkenankan menerobos file atau folder user lain serta merubah sistem jika tidak memiliki izin atau hak akses. Hanya administrator dengan akun root yang mendapat kekuasaan penuh.

GNU/Linux bersifat FOSS (Free/Open Source Software). Ia bebas diubah dan didistribusikan.Banyak distro Linux bahkan dibuat oleh anak negeri. Sebagai contoh adalah Kuliax, Zencafe, Pinux, BlankOn, dan IGOS Nusantara.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: